Warga Geruduk Kantor Desa Kubu Minta Transparansi Bantuan Sosial

Pangkalan Bun – Sejumlah warga mendatangi kantor Desa Kubu, Kecamatan Kumai, Rabu, 27 Mei 2020. Kedatangan mereka menuntut transparansi Bantuan Sosial Tunai (BST).

“Kami menuntut transparansi seperti pendataan masyarakat. Karena¬†warga yang asli Desa Kubu banyak yang tidak mendapatkan bantuan. Anehnya warga yang ber KTP luar Desa Kubu namun berdomisili di sini malah mendapatkan bantuan,” kata salah satu warga Desa Kubu, IB.

Menurut IB masalah ini sebenarnya sederhana saja. Tetapi mereka tetap memertanyakan hal itu untuk mencari kejelasannya.

“Menurut pendapat saya, masalah yang terjadi akibat lemahnya saat pendataan. Tetapi wajar warga asli Desa Kubu menuntut haknya. Terlebih situasi saat ini, penghasilan masyarakat sedang sulit akibat wabah covid-19. Salah satu dampaknya objek wisata Pantai Kubu ditutup,” jelas IB.

Menurut IB pihaknya hanya minta kejelasan saja tentang penyaluran BST.

“Kami meminta penjelasan kemana saja penyaluran BST tersebut. Karena menurut informasi yang saya dapat, pemerintah terus menyalurkan bantuan tersebut. Namun saya sendiri, sampai sekarang ini tidak mendapatkan bantuan,” ujar IB

Terpisah, Camat Kumai, Yudi Hudaya saat dikonfirmasi masalah ini segera menghubungi kepala desa setempat untuk mengatasi persoalan itu.

“Jangan sampai masalahnya menjadi berlarut-larut. Intinya masalah ini soal pendataan saja,” jelas Camat Kumai.

Dia juga mengatakan baru menerima laporan terkait masalah ini, sehingga belum memahami secara persis permasalahannya.

“Saya meminta segera diagendakan rapat, dengan menghadirkan seluruh yang terlibat saat pendataan. Sehingga bisa diketahui permasalahan sebenarnya,” jelas Yudi Hudaya.

Sumber : https://www.borneonews.co.id/berita/170954-warga-geruduk-kantor-desa-kubu-minta-transparansi-bantuan-sosial

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *