Uang Palsu Beredar, Masyarakat Diminta Waspada

Kabar Betang, Palangka Raya – Anggota DPRD Kota Palangka Raya Alfian Batnakanti mengimbau dan mengingatkan kepada masyarakat luas untuk mewaspadai peredaran uang palsu di Kota Palangka Raya ini. Sebab baru-baru ini, ada uang palsu yang ditemukan di daerah lain beredar.

“Kami dari dewan mengingatkan agar warga dapat mewaspadai uang palsu yang bisa beredar di kota kita ini,” ujar Alfian Batnakanti, kemarin.
Alfian mengatakan, tak dapat dipungkiri peredaran uang palsu ini bisa terjadi di Kota Palangka Raya karena perputaran uang yang sangat dimanis dari tangan ke tangan. Sehingga peredaran uang palsu sampai ke wilayah ini.

“Tidak menutup kemungkinan peredaran uang palsu akan masuk ke sini, sebab perputaran uang di kota dinilai cukup tinggi. Sehingga bisa dimanfaatkan oknum maka dari itu masyarakat harus waspada,” jelasnya.

Menurutnya, walaupun selama ini sudah banyak imbauan dan cara yang dilakukan oleh pihak perbankan untuk membedakan antara uang palsu dan uang asli. Hendaknya itu dapat betul-betul diketahui oleh masyarakat luas.

“Masyarakat harus bisa membedakan antara uang asli dan uang palsu, sehingga apa bila membutuhkan uang pecahan hendaknya menukarkannya di tempat-tempat yang resmi seperti di bank,” tegas Alfian.

Dia mengatakan, pedagang harus lebih waspada saat menerima uang dengan pecahan besar, sehingga terhindar menjadi korban peredaran uang palsu. Apabila mendapatkan uang yang dirasa janggal sebaiknya tidak menerimanya.

“Prinsip adalah 3D itu yang disampaikan oleh pihak perbankan jangan sampai diabaikan, dengan begitu kecil kemungkinan akan menjadi korban peredaran uang palsu,” jelasnya.
Alfian pun menginginkan agar pihak berwajib untuk mengantisipasi secara berkala peredaran uang palsu, sehingga tidak ada kerugian masyarakat akibat uang palsu.

Sumber : https://kaltengpos.co/READ/-17226-uang_palsu_ditemukan_beredar,_masyarakat_diingatkan_untuk_waspada.html

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *