Sosialisasikan Saber Pungli Kepada Warga

Bhabinkamtibmas Polsek Manuhing, Polres Gunung Mas (Gumas), Polda Kalteng, Bripka Tawun melakukan sambang dan sosialisasi tentang larangan pungutan liar (pungli) kepada warga desa binaan di Kecamatan Manuhing, Kabupaten Gunung Mas, Provinsi Kalteng.

Kapolres Gumas AKBP Rudi Asriman, SIK., melalui Kapolsek Manuhing Ipda Juwito, SE., mengatakan, pemberantasan praktik pungli menjadi atensi khusus dari Pemerintahan saat ini. Pungli pada umumnya berkembang di pelayanan publik dan hal ini sangat meresahkan masyarakat terutama menengah kebawah, pengetahuan yang minim oleh masyarakat dapat menjadi sasaran empuk bagi oknum untuk meraup keuntungan pribadi.

“Kegiatan ini sebagai bentuk pencegahan, sesuai dengan peraturan Presiden tentang pemberantasan pungli yang di atur dalam Perpres No 87 Tahun 2016 dan memberikan imbauan tentang pelayanan publik dalam UU No 25 tahun 2009,” tuturnya.

Ini dilakukan agar terwujudnya pelayanan publik kepada masyarakat yang terbebas dari pungli, meningkatkan kualitas pelayanan publik melalui transparansi serta sesuai dengan peraturan perundang-undangan dan terbebas dari pungli.

Selain itu Kapolsek juga menyampaikan pesan kamtibmas kepada warga melalui Bhabinkamtibmas jika terdapat ganguan kamtibmas segera menghubungi Bhabinkamtibmas setempat.

Kapolsk berharap berharap kepada masyarakat khususnya warga Kec. Manuhing agar mendukung serta bersama-sama dalam memberantas praktek pungli. Apabila mendapatkan informasi pungutan liar hendaknya masyarakat pro aktif untuk mengadukan ke saber pungli atau ke Bhabinkamtibmas. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *