Sosialisasi Cegah Karhutla

Guna mencegah bertambahnya angka kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Kab. Kotawaringin Barat, Tim Bina Karuna Polres Kobar melaksanakan sosialisasi cegah Karhutla kepada masyarakat Kel. Mendawai Sebrang, Kec. Arsel.

Kegiatan yang dipimpin langsung oleh Ipda Isbenu tersebut difokuskan untuk pencegahan terjadinya kebakaran hutan dan lahan di daerah rawan Karhutla pada masyarakat yang berprofesi sebagai petani, pekebun maupun penggarap lahan perusahaan Jl. H. Ujang Iskandar KM 14 Kel. Mendawai Seberang Kec. Arsel Kab. Kobar.

Menurutnya, karhutla merupakan penyumbang asap terbesar yang dapat berakibat terjadinya kabut asap tebal, seperti pada tahun 2015 hingga mengganggu penerbangan dikarenakan jarak pandang yang terbatas.

“Dampak dari karhutla ini sendiri merugikan banyak pihak, tidak hanya pemilik kebun yang merugi. Namun efek yang ditimbulkan seperti asap tebal berkepanjangan dapat memicu timbulnya penyakit – penyakit ispa,” ungkap pria yang saat ini menjabat sebagai Kasipropam Polres Kobar tersebut.

Dengan adanya sosialisasi ini, pihaknya berharap masyarakat lebih peduli terhadap pentingnya membuka lahan tanpa membakar. “Kami imbau masyarakat bersama – sama Polri stop melakukan pembakaran hutan dan lahan demi keberlangsungan hidup bersama,” imbaunya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *