Membentuk Generasi Muda untuk Menjadi Calon Pemimpin Berkarakter

KabarBetang, Barito Timur – Pramuka merupakan salah satu wadah pembinaan generasi muda sehingga mampu mencetak generasi penerus bangsa yang siap bersaing dan tangguh di masa mendatang.

Demikian disampaikan Sekda Barito Timur mewakili Bupati Ampera AY Mebas yang berhalangan hadir saat upacara pelepasan Kontingen Kwarcab Bartim, jumat (23/2019), yang akan mengikuti kegiatan Perkemahan Wirakarya daerah Kalimantan Tengah tahun 2019 di Bumi Perkemahan Tuah Pahoe, Kota Palangka Raya.

Dalam latihan kepramukaan akan dibina dan dibentuk karakter, kepribadian dan disiplin setiap anggotanya. Hal ini mengingat generasi muda sebagai barisan terdepan dalam menghadapi tantangan zaman, maka dalam kegiatan kepramukaan terkandung kegiatan yang bersifat produktif, edukatif, kreatif dan rekreatif serta dapat menerapkan teknologi informasi yang berkembang dewasa ini,” kata Eskop.

Menurutnya, dengan sistem pendidikan kepanduan yang disesuaikan dengan kebutuhan keadaan, kepentingan masyarakat dan perkembangan bangsa dan negara Indonesia. Sehingga ke depan diharapkan pramuka akan melahirkan kader-kader pemimpin bangsa.

“Pembangunan yang berkarakter melalui kegiatan kepramukaan akan membentuk generasi muda yang siap menghadapi tantangan ekonomi, sosial, budaya dan politik masa kini dan masa mendatang,” imbuhnya.

Gerakan Pramuka, lanjut Eskop, juga diharapkan menjadi gerakan pendidikan yang bertujuan mendidik pemuda pemudi Indonesia menjadi tenaga penggerak kader pembangunan di segala bidang, bermental tinggi, menjadi insan yang mempunyai moral dan budi pekerti yang luhur serta bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dengan menggunakan prinsip dasar metode kepramukaan.

Gerakan Pramuka memberi kesempatan kepada pramuka Penegak dan Pandega dan membina diri menjadi kader pimpinan, baik di lingkungan gerakan pramuka maupun di luar lingkungan gerakan pramuka. Salah satu usaha untuk melaksanakan hal tersebut adalah dengan mengadakan suatu kegiatan yang berorientasi kepada Karya Bakti Pramuka bagi masyarakat.

“Perkemahan Wirakarya merupakan alat pembinaan bagi pramuka Penegak dan pramuka Pandega dimana kegiatan utamanya adalah aktivitas yang berupa bakti kemasyarakatan,” pungkas Eskop.

Adapun kontingen Kwarcab Bartim yang diberangkatkan berjumlah 25 orang termasuk 5 orang diantaranya pembina dan pendamping. Kegiatan Perkemahan Wirakarya akan berlangsung tanggal 24-29 agustus 2019.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *