Masyarakat Jangan Takut Melapor Pungli

Pangkalan Bun – Masyarakat Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) jangan takut melapor, apabila melihat unsur pungutan liar (Pungli) di bidang pelayanan. Sebab Satuan tugas sapu bersih pungutan liar (Satgas Saber Pungli) Kobar memastikan kerahasiaan identitas pelapor.

Hal ini disampaikan oleh Ketua Tim Saber Pungli Kobar Kompol Boni Ariefianto, mengharapkan adanya peran serta aktif dari masyarakat, untuk bisa menginformasikan dan juga melaporkan apabila ada hal – hal yang terkait dengan pungli.

“Apabila kami menerima laporan maupun informasi dari masyarakat tentunya akan kita tindak lanjuti, bagaimana kebenaran dari pada laporan tersebut, dan juga kita juga harus bisa menjaga kerahasiaan daripada si pelapor,” ujarnya, Jumat, 10 Juli 2020.

Saat dikonfirmasi terkait adanya pungli di sejumlah sekolah negeri di Kobar, dan rencana Pemkab Kobar bekerjasama berantas pungli di sekolah. Boni Ariefianto yang juga menjabat sebagai Wakapolres Kobar menyampaikan belum menerima lalporan tersebut. Oleh sebab itu ia meminta peran serta masyarakat untuk melaporkannya.

“Dengan adanya laporan, maka kita bisa melakukan langkah tindak lanjut baik berupa pemeriksaan, pengecekan di lapangan. Apakah betul – betul terjadi adanya unsur pungli di dalam lini pelayanan tersebut,” ungkapnya.


Ketika ditemukan unsur pungli, tentunya dari bidang penegakan hukum ini akan menindaklanjuti, apakah akan bekerja sama dengan pihak kepolisian dalam hal ini Polres Kobar terhadap temuan awal.

Ditambahkannya, semua lini berkaitan dengan pelayanan dalam pengawasan Tim Saber Pungli. Hhususnya saat ini pandemi Covid-19 yaitu dilaksanakan untuk pengawasan pendistribusian bansos. 

Sumber : https://www.borneonews.co.id/berita/176863-identitas-dijamin-kerahasiaannya-masyarakat-jangan-takut-melapor-pungli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *