Masyarakat Jangan Membakar Hutan dan Lahan

Kabar Betang, Buntok – Camat Jenamas Kabupaten Barito Selatan (Barsel) Abdul Gani Majedi S.KM menghimbau, masyarakat setempat agar jangan membakar Hutan dan Lahan terlebih pada saat musim kemarau seperti saat sekarang ini.

“Sebab potensi, terjadinya kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) pada saat musim kemarau seperti sekarang ini sangat besar,” Kata Camat Jenamas Abdul Gani Majedi S.KM kepada beritasampit.co.id saat dikonfirmasi melalui via seluler, Kamis (15/8/2019).

Dikatakannya, untuk mengantisipasi terjadinya Karhutla oleh Tim Karhutla Kabupaten Barsel telah terbentuk Tim Karhutla Kecamatan Jenamas berjumlah 15 orang yang terdiri dari. Pihak Kecamatan Jenamas, Koramil, Polsek, Kelurahan dan dibantu masyarakat setempat.

“Tim Karhutla Kecamatan Jenamas ini, juga telah mendapatkan Surat Keputusan (SK) dari Bupati Barsel,”Katanya.

Sedangkan untuk Tim Karhutla Desa kata Abdul Gani Majedi, juga telah terbentuk yang ditunjuk langsung oleh pihak Provinsi berjumlah empat orang yang terdiri dari. Desa Tampulang, dua orang dan Desa Rantau Kujang dua orang.

“Untuk anggaran dana, Tim Karhutla dua desa ini bersumber dari pihak Karhutla Provinsi Kalteng,”bebernya.

Menurut Camat Jenamas ini, rata-rata penyebab kebakaran lahan diwilayahnya dikarenakan putung rokok yang dibuang sembarangan. Sehingga, disaat musim kemarau saat ini mudah menyebabkan kebakaran.

“Adapun untuk luas, lahan yang pernah terbakar diwilayahnya paling luas sekitar 3 hektar selebihnya tidak terlalu luas. Akan tetapi, kebakaran lahan yang terjadi bisa kita antisipasi berkat kerjasama Tim Karhutla Kecamatan Jenamas yang juga dibantu oleh masyarakat setampat,”Jelasnya.

Lebih lanjut Abdul Gani Majedi menambahkan, walaupun telah terbentuknya Tim Karhutla di Kecamatan Jenamas dan wilayah pemerintahan Desa Tampulang dan Desa Rantau Kujang.

“Namun pihaknya tetap, memberikan himbauan baik melalui sosialisasi maupun pemasangan spanduk himbauan larangan pembakaran hutan dan lahan dari Kapolda Kalteng,” Jelasnya.

Pihakny sangat berharap kepada warga masyarakat Kecamatan Jenamas dan sekitarnya agar jangan membakar hutan dan lahan.

“Walaupun, alasannya untuk keperluan bercocok tanam pasalnya musim kemarau seperti saat sekarang ini. Potensi kebakaran, sangat besar terjadi,”tukas Abdul Gani Majedi.

Sumber : https://beritasampit.co.id/2019/08/15/camat-jenamas-imbau-masyarakat-jangan-membakar-hutan-dan-lahan/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *