Masyarakat Diharapkan Lebih Waspada Atas Curah Hujan Diberbagai Titik

Kabar Betang. Tamiang Lanyang – Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Barito Timur (Bartim), Povinsi Kalimantan Tengah, Ir. Riza Rahmadi, MM, berharap kepada masyarakat agar lebih waspadai dengan timbulnya bencana banjir terkhusus di Kalimantan.

Menanggapi perubahan cuaca saat curah hujan yang terus menerus meningkat secara khusus di Kalimantan ini, Riza mengatakan agar msyarakat mengantisipasi terjadinya curah hujan diberbagai titik yang rawan banjir diwilayah Barito Timur, ucap Riza di Tamiang Layang Jum’at (22/01/2021).

“Adapun yang rawan bencana banjir di Barito Timur yang harus kita waspadai”, tercatat oleh pihak BPBD Bartim yakni Desa Bentot, Desa Ramania dan Pulau Padang berada di Kecamatan Patangkep Tutui, selanjutnya Desa Tangkan dan Desa Hayaping Kecamatan Awang, Desa Paku Beto dan Klamus di Kecamatan Paku, Desa Jihi, Desa Ketab dan Desa Pinang Tunggal Kematan Pematang Karau Kab. Bartim.

Riza mengingatkan kepada masyarakat agar warga yang tinggal dekat di aliran sungai selalu melakukan antisipasi mengindari timbulnya korban jiwa dan kerugian harta lainny.

Selanjutnya Riza menanmbahakan, “walaupun BPBD Bartim baru dibentuk di awal tahun 2021 pihaknya selalu berupaya maksimal dalam penanggulangan berbagai bencana yang berpotensi terjadi di daerah setempat yaitu daerah Bartim,” beber Riza.

Kemudian, “BPBD juga akan menjalin kerja sama dengan berbagai pihak untuk mengoptimalkan penanganan bencana yang terjadi”, salah satunya bekerja sama dengan unit-unit penanggulangan bencana swadaya yang sudah ada.

“Dia berharap semua pihak dapat bersinergi sehingga dapat bersama dalam mengatasi bencana terkhusus bencana di Barito Timur,” harapnya.

Berdasarkan informasi prakiraan cuaca dari BMKG Palangka Raya, hari ini curah hujan merata di seluruh wilayah Barito Timur dengan intensitas ringan yang terjadi dari sore hingga malam hari, pungkasnya.

Sumber : https://www.metrokalteng.com/lintas-daerah/barito-timur/masyarakat-diharapkan-lebih-waspada-atas-curah-hujan-diberbagai-titik/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *