KPU Barito Utara Ajak Generasi Muda Sukseskan Pilkada Kalteng

Muara Teweh – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Barito Utara mengajak para generasi muda di daerah ini untuk menyukseskan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah 2020.

“Posisi generasi muda sangat strategis. Artinya eksistensi generasi muda itu, karena generasi muda lah selaku pioner untuk menyukseskan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalteng 2020,” kata Ketua KPU Barito Utara, Malik Muliawan, Kamis 29 Oktober 2020.

Menurutnya salah satu syarat suksesnya penyelenggaraan pemilihan kepala daerah ada 3 yakni pertama ada pesertanya, pesertanya sudah ditentukan yakni dua pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Kalteng nomor urut 1 pasangan Ben Brahim S. Bahat-Ujang Iskandar dan nomor urut 2 pasangan Sugianto Sabran-Edy Pratowo.

Syarat kedua adalah penyelenggara. Penyelenggara ini meliputi KPU, Bawaslu dan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP), ketiga komponen ini satu rumah tapi beda kamar.

“Syarat ketika atau terakhir merupakan syarat mutlak yakni ada pemilihnya, nah di sinilah peran generasi muda dalam rangka mengeksistensikan pemilih ini menjadi pemilih yang cerdas, pemilih yang berkualitas artinya generasi muda harus dibekali nilai demokrasi,” katanya.

Apakah ada sanksi bagi warga yang tidak memberikan hak suaranya pada Pilkada nanti Ketua KPU mengakui, karena ini hanya hak saja, dan bukan kewajiban, sehingga tidak ada sanksi, namun yang penting ada kesadaran masyarakat untuk bisa mencoblos.

“Karena ini merupakan bagian dari kita, maka ikut mencoblos ini merupakan berpartisipasi dalam memilih pemimpin kita kedepan. Konsekuensinya masalah menang dan kalah, itu urusan demokrasi, karena kita sudah memilih sistem demokrasi dengan sistem terbaik dalam memilih pemimpin ini,” katanya.

Malik mengatakan kalau ada yang terkesan malas ke TPS, maka  inilah tantangan generasi muda untuk bisa mensosialisasikan, jangan sampai mindset boleh datang ke TPS setelah dapat uang, jangan sampai seperti itu, tugas generasi muda ini bagaimana membangun semangat masyarakat, pemilih khususnya, untuk bisa datang ke TPS yang menggunakan hak pilihnya.

KPU dalam setiap menyelenggarakan tahapan pilkada wajib melaksanakan protokol kesehatan, setiap tahapan penyelenggaraan pemilihan gubernur dan wakil gubernur Kalteng, selalu melaksanakan protokol kesehatan dan apabila tidak dilakukan ini  menjadi pelanggaran kode etik yang bisa dipermasalahkan DKPP. (RAMADHANI/B-6)

Sumber : https://www.borneonews.co.id/berita/190827-kpu-barito-utara-ajak-generasi-muda-sukseskan-pilkada-kalteng

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *