Ini Tujuan Dibentuknya Kampung KB

KabarBetang, Kuala Kurun – Kepala Dinas Pegendalian Penduduk dan Keluaraga Berencana (Disdalduk dan KB) Kabupaten Gunung Mas Isaskar mengatakan, tujuan dibentuknya Kampung KB adalah untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat di tingkat kampung.

“Secara umum Kampung KB bertujuan meningkatkan kualitas hidup masyarakat di tingkat kampung atau yang setara melalui program kependudukan, KB, dan pembangunan leluarga (KKBPK), serta pembangunan di berbagai sektor, dalam rangka mewujudkan keluarga kecil berkualitas,” ujarnya, Rabu, 15 Mei 2019.

Secara khusus, Kampung KB dibentuk untuk meningkatkan peran seluruh pihak dalam memfasilitasi, mendampingi, dan membina masyarakat untuk penyelenggaraan program KKBPK dan pembangunan sektor terkait.

Selain itu, untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pembangunan berwawasan kependudukan.

Ia mengatakan, Kampung KB dapat dijadikan sebagai wahana pemberdayaan masyarakat melalui berbagai macam program yang mengarah pada upaya mengubah sikap, perilaku, dan cara berpikir masyarakat ke arah yang lebih baik.

Diharapkan, kampung yang tadinya tertinggal dan terbelakang dapat sejajar dengan daerah lainnya yang sudah lebih baik. Masyarakat yang tadinya tidak memiliki kegiatan dapat bergabung dengan kelompok usaha yang produktif.

“Suksesnya program Kampung KB memerlukan peran seluruh pihak mulai dari kepala desa, ketua RW, ketua RT, petugas di lapangan sektor terkait, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh agama, tokoh pemuda, serta kader pembangunan lainnya,” pungkas Isaskar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *