Hari Kelahiran Pancasila Momen untuk Rukun Membangun Bangsa

KabarBetang, Sukamara – Bupati Sukamara Windu Subagio berharap peringatan Hari Kelahiran Pancasila dapat dijadikan momen sebagai perekat untuk meningkatkan kerukunan dalam membangun Indonesia.

“Pancasila merupakan lambang persatuan bangsa, sebagai idiologi bangsa yang dijadikan pandangan hidup bangsa dengan kebhinekaannya,” ujar Windu Subagio seusai Upacara Peringatan Hari Kelahiran Pancasila, Kamis, 12 Juni 2019.

Menurut Windu, momen tersebut dapat dimaknai atas perjuangan dan kerja sama para tokoh pendiri Pancasila sehingga hingga saat ini eksistensi keindonesiaan, baik sebagai bangsa maupun negara, masih dapat bertahan hingga kini berkat pancasila.

“Momen ini mengingatkan kita kembali bagaimana pancasila ini ditegakkan atau dikokohkan dulu dengan persatuan, kerukunan, dan kekompakan. Jadi kita mengambil momen ini untuk mengenang bagaimana agar tetap rukun, besartu-padu membangun Indonesia,” tuturnya. 

Dalam sambutan Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia (BPIPRI) yang dibacakan Bupati, Pancasila dinilai sebagai suatu keyakinan dan pendirian yang asasi harus terus diperjuangkan.

“Walaupun kita sebagai bangsa masih belum sempurna berhasil merealisasikan nilai-nilai Pancasila, kita akui bahwa eksistensi ke-Indonesia-an baik sebagai bangsa maupun sebagai negara masih dapat bertahan hingga kini berkat Pancasila,” ujar Windu Subagio. 

sumber : https://www.borneonews.co.id/berita/128320-hari-kelahiran-pancasila-momen-untuk-rukun-membangun-bangsa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *