Gubernur Ingatkan Generasi Muda Harus Berkarakter dan Bebas Narkoba

KabarBetang, Palangka Raya – Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran mengingatkan generasi muda harus berkarakter dan berbudaya. Generasi muda juga harus bebas dari penyalahgunaan narkoba.

Tidak hanya itu, ia juga berharap generasi muda harus cerdas, mandiri, kreatifif yang siap menerima estafet kepemimpinan bangsa dalam mewujudkan Indonesia emas pada 2045.

Ini disampaikan Gubernur dalam kegiatan Upacara Peringatan Hari Otonomi Daerah yang ke-23, Hari Pendidikan Nasional, dan Hari Kebangkitan Nasional tingkat Provinsi Kalimantan Tengah di halaman kantor gubernur, Kamis, 2 Mei 2019.

“Kebersamaan dan kekompakan antara pemerintah, masyarakat dan dunia usaha dalam melaksanakan pembangunan sangat menentukan capaian tujuan nasional yaitu kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa,”, kata Gubernur.

“Oleh sebab itu, dengan semangat isen mulang, huma betang dan belom bahadat, mari kita wujudkan Kalteng Berkah,” imbuhnya.

Menurut Gubernur, proses pemilu serentak pada 17 April 2019 merupakan proses pembelajaran bagi setiap warga negara untuk menuju kedewasaan dalam berdemokrasi.

Sebab, lanjut dia, terbentuknya warga negara yang demokratis merupakan tujuan pendidikan nasional sebagaimana tercantum pada Pasal 13 UU Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

“Oleh sebab itu, sangat penting dalam proses pembelajaran di satuan pendidikan agar terus mengembangkan nilai-nilai demokrasi sejak dini pada peserta didik,” ungkapnya.

Ia menambahkan, pemerintah bersungguh-sungguh dalam meningkatkan penyelenggaraan pendidikan yang bermutu dan berdaya saing terutama daerah terluar, terdepan dan tertinggal atau disebut dengan 3T.

Salah satunya yakni dengan terbangunnya sarana pendidikan disertai infrastruktur jalan dan jembatan yang mampu membuka keterisolasian suatu wilayah.

“Tentunya tujuan utama adalah memberikan pelayanan kepada masyarakat agar memperoleh pelayanan pendidikan yang mudah dan berkualitas, dalam menyiapkan sumber daya generasi muda yang memiliki daya saing menghadapi era persaingan global,” tuturnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *