Gaji Guru Honor Katingan Kuala Rp300 ribu/Bulan

Kalangan DPRD Kalimantan Tengah (Kalteng) menerima berbagai usulan, yang mencakup berbagai sektor penting di lingkup masyarakat. Salah satunya ada di sektor pendidikan, dimana banyak keluhan serta keinginan yang diharapkan ditindaklanjuti oleh pihak terkait.

Wakil rakyat dari daerah pemilihan (Dapil) I, meliputi Kota Palangka Raya, Kabupaten Katingan dan Gunung Mas (Gumas) HM Sriosako menuturkan, masyarakat di Desa Jaya Makmur Kecamatan Katingan Kuala Kabupaten Katingan, bermohon adanya tenaga guru tetap dari TK hingga SMA.

“Di Katingan Kuala, Kabupaten Katingan, banyak guru honor yang digaji dengan dana BOS hanya Rp300 ribu perbulan. Maka mereka mengharapkan perhatian pemerintah, dalam peningkatan kesejahteraan guru baik yang tetap maupun honor,” ujarnya disela-sela rapat kerja belum lama ini.

Lalu ada juga usulan penambahan ruangan kelas dari SMKN I Katingan Kuala, yang juga kekurangan sejumlah fasilitas. Keterbatasan itu membuat sekolah tersebut terpaksa melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di Kecamatan Mendawai. Hal itu dikarenakan minimnya sarana prasarana (sarpras) untuk ujian, seperti ruang kelas dan laboratorium komputer.

Tidak hanya soal sarprasnya saja, lokasi dari SMKN I Katingan itu sendiri berada di dataran rendah. Akibatnya sekolah tersebut kerap terkena banjir dan jelas berdampak bagi proses belajar mengajar guru maupun siswa-siswi. Untuk itu mereka mengharapkan perhatian pemerintah, dalam membantu untuk penimbunan halaman sekolah agar tidak terdampak banjir lagi.

“Sekolah itu juga mengusulkan pembangunan kantor dan musholla. Hal ini penting bagi pelaksanaan peningkatan kualitas pendidikan di SMK tersebut, dalam pelaksanaan proses belajar mengajar yang optimal,” ujar politisi dari Partai Demokrat tersebut.

Beralih ke bidang kesehatan, ada aspirasi soal puskesmas yang belum memiliki fasilitas rawat inap. Selama ini, ucap dia, para pasien rujukan mesti menempuh akses jalan yang rusak, bahkan harus menggunakan kelotok Puskesmas Keliling (Pusling) untuk ke Pegatan. Maka untuk itu diharapkan pemerintah membantu proses perizinan Puskesmas Katingan Kuala, dengan harapan mendapatkan izin sebagai puskesmas rawat inap.

Sumber : https://www.tabengan.com/bacaberita/31923/miris-gaji-guru-honor-katingan-kuala-rp300-ribu-bulan/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *