DPRD Kobar: Masyarakat Harus Miliki Tanggung Jawab Bersama Kurangi Karhutla

KabarBetang, Pangkalan Bun – Anggota DPRD Kobar Tuslam Amirudin mengatakan, guna mengurangi kebakaran hutan dan lahan agar masyarakat memilki rasa tanggung jawab bersama menjaga lahannya agar tidak terjadi Karhutla.

“Saya mengingatkan masyarakat, memasuki musim kemarau ini agar memiliki rasa tanggung jawab terhadap lingkungannya masing – masing agar Karhutla tidak makin meluas,” ujarnya, Rabu, 11 September 2019.

Sebab menurut Tuslam Amirudin pencegahan Karhutla bukan saja menjadi tanggungjawab Pemerintah Daerah saja, melainkan seluruh stakeholders termasuk masyarakat, harus memiliki kesadaran terhadap lingkungan sebab dampak karhutla akan merugikan semuanya.

“Jika masyarakat memiliki rasa tanggung jawab dan kesadaran akan bahayanya Karhutla, maka saya yakin tidak ada masyarakat yang dengan sengaja membakar lahan saat membuka lahan,” ungkapnya.

Ia menyampaikan, hal terpenting saat ini Pemeda dan semua stakeholders harus bersama – sama melakukan langkah strategis dan nyata untuk meminimalisasi dampak karhutla.

“Langkah kedepannya yang harus dilakukan oleh Pemkab Kobar adalah mencari solusi, agar masyarakat bisa mengurangi kebiasaan membakar saat akan membuka lahan,” jelasnya.

Hanya saja, saat ini masih fokus dalam meminimalisasi dampak Karhutla dan ke depannya, pihak Eksekutif dan legislatif akan merumuskan regulasi yang efektif, dengan tetap memperhatikan kebutuhan masyarakat dalam penglolaan pertanian.

sumber : https://www.borneonews.co.id/berita/137196-dprd-kobar-masyarakat-harus-miliki-tanggung-jawab-bersama-kurangi-karhutla

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *