Bupati Seruyan Imbau Masyarakat Berperan Aktif Cegah Karhutla

Untuk mencegah meluasnya titik api atau terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah masyarakat diminta untuk berperan secara aktif.

“Masyarakat saya imbau untuk membantu tim satuan tugas karhutla di Seruyan, dalam upaya pencegahan maupun penanggulangan kebakaran,” kata Bupati Seruyan Yulhaidir, Kamis.

Pihaknya telah menginstruksikan kepada seluruh kepala desa maupun lurah di Seruyan, agar memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang bahaya dan larangan membakar lahan.

Pemkab lebih baik mengutamakan langkah pencegahan, guna mengantisipasi terjadinya karhutla di lingkungan sekitar permukiman penduduk. Sebab jika sudah mendekati permukiman tentu akan membahayakan.

“Kami berharap seluruh lapisan masyarakat, mau berperan aktif dalam melakukan pencegahan karhutla. Dimulai dari diri sendiri, untuk tidak membakar lahan,” tegasnya.

Pencegahan karhutla penting dilakukan, agar berbagai dampak negatif yang ditimbulkan karenanya bisa dicegah. Seperti gangguan kesehatan karena dampak asap, perekonomian hingga aktivitas belajar dan mengajar di sekolah.

Dukungan dari masyarakat sangat diperlukan, mengingat jumlah petugas yang dimiliki terbatas, sedangkan luasan wilayah yang harus dijaga di Seruyan sangatlah luas dan tidak semuanya memiliki akses yang mudah dijangkau.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *