Antisipasi Kamtibnas Jelang Lebaran

Kuala Kurun – Personel Polri bersama personil TNI di Kabupaten Gunung Mas melakukan patroli keliling Kota Kuala Kurun untuk mengantisipasi Kamtibmas menjelang malam Hari Raya idul Fitri 1441 Hijriyah atau lebaran.

Sebelum melakukan patroli keliling personel Polri dan TNI melakukan apel gabungan di depan pos Operasi Ketupat tepatnya di Taman kota Kuala Kurun, Sabtu malam, 23 Mei 2020.

Kapolres Gunung Mas AKBP Rudi Asriman mengatakan personel yang tergabung dalam patroli sebanyak 115 anggota termasuk dari TNI.

“Apel dan patroli ini dalam rangka mengantisipasi situasi kamtibmas wilayah hukum Polres Gunung Mas yang berkaitan dengan kesiapan perayaaan hari raya Idul Fitri 1441 Hijriyah besok,” ucapnya.

Anggota juga mendatangi tokoh agama khususnya umat Muslim untuk memberikan imbauan agar tidak melakukan takbiran keliling.

Kemudian anggota juga mengingatkan kembali sesuai himbauan dari pemerintah dan atas kesepakatan bersama unsur Forkopimda Kabupaten Gunung Mas bahwa salat id yang biasa dilaksanakan di masjid atau di lapangan telah ditiadakan.

“Besok pelaksanaan salat id yang biasanya di Masjid maupun di lapangan ditiadakan, namun diganti dengan pelaksanaan di rumah dengan tatacara yang sudah disampaikan kepada masyarakat,” ungkapnya.

Untuk memastikan anjuran ini ditaati masyarakat, maka pihaknya melakukan pendataan terhadap masjid yang sudah diberi imbau terkait penetapan salat Idul Fitri tadi.

Setelah didata, kemudian anggota akan melakukan pemantau terhadap Masjid atau rumah ibadah umat Muslim yang akan merayakan hari raya Idul Fitri dengan pelaksanaan ibadah salat Idul Fitri.

“Saya berharap meski ibadah shalat id di Masjid ditiadakan, masyarakat tetap bisa melaksanakan ibadah di rumah. Hal ini ditetapkan pemerintah untuk kesehatan bersama supaya bisa terhindar dan meminimalisasi penyebaran virus Corona atau Covid-19,” pungkasnya. 

Sumber : https://www.borneonews.co.id/berita/170562-polri-dan-tni-di-gunung-mas-patroli-keliling-kota-kuala-kurun-antisipasi-kamtibnas-jelang-lebaran

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *