Ajak Warga Waspadai Paham Radikal

Bhabinkamtimas Kelurahan Kalampangan Kecamatan Sabangau Kota Palangka Raya aktif ajak masyarakat untuk mewaspadai paham radikal di sekitar tempat tinggalnya.

Saat sambang mengunjungi salah satu tokoh masyarakat di Kelurahan Kalampangan Brigadir Eko Priyono mengajak warga untuk tidak khawatir atau takut terhadap paham radikal yang berujung pada aksi terorisme.

Eko menjelaskan pada pak Tikno (56) untuk mengenali ciri-ciri orang atau kelompok yang mulai terpapar paham radikal seperti merasa bahwa dia dan kelompoknya saja yang paling baik, menganggap bahwa ajaran dia atau kelompoknya saja yang paling benar, menganggap orang yang tidak sepaham dengan dia atau kelompoknya adalah musuh.

Setelah bersilaturahmi ke rumah tokoh masyarakat Eko melanjutkan sambang dengan melakukan patroli dialogis di pasar malam dan terakhir mengunjungi Poskamling di Jl. Erlangga sekitar pukul 23.00 WIB.

Di Poskamling ini Brigadir Eko kembali menerangkan ciri-ciri orang atau kelompok yang mulai terpapar paham radikal dan mengajak masyarakat yang sedang jaga malam untuk lebih meningkatkan pengamanan di sekitar tempat tinggal masing-masing.

“Kita sebagai anggota Bhabinkamtimas bertugas untuk membina masyarakat yang ada di wilayah kita. Pembinaan ini tentunya bertujuan untuk menjaga Kamtibmas yang kondusif dengan memanfaatkan komponen yang ada didalam masyarakat,” katanya.

Hal senada juga diungkapkan oleh Kapolres Palangka Raya AKBP Timbul RK Siregar, S.I.K., M.Si. Menurut Timbul dengan adanya penangkapan terhadap DPO teroris di wilayah Kota Palangka Raya dan Gunung Mas pada hari Senin (10/6/2019) oleh Densus 88 tentunya membuka mata kita dan membuat kita akan lebih waspada terhadap penyebar luasan paham radikal dan penyusupan kelompok terorisme khususnya di wilayah Kota Palangka Raya.

“Kita akan lebih berdayakan peran aktif masyarakat untuk membantu kita mendeteksi masuknya paham radikal dan pelaku teroris di wilayah Kota Palangka Raya. Saya juga menghimbau agar masyarakat tidak perlu resah dan takut, karena teroris bukan untuk di takuti namun untuk dilawan dan hentikan,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *