Sosialisasikan Pencegahan Karhutla Kepada Warga

 Sebagai upaya untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla), Polsek Basarang gencar sosialisasikan karhutla kepada masyarakat.

Seperti yang dilakukan anggota Polsek Basarang, Aiptu Dodi Heriyadi dan Bripka Agus Effendi kepada masyarakat di Desa Batuah Kec. Basarang Kab. Kapuas.

Kapolres Kapuas AKBP Manang Soebeti, S.I.K., M.Si melalui Kapolsek Basarang Ipda Suroto, S.H. mengatakan bahwa sosialisasi mengenai karhutla ini terus dilakukan oleh seluruh anggota Polsek Basarang.

“Mereka menyambangi rumah-rumah warga untuk memberitahukan mengenai larangan karhutla,” ucap Suroto.

Suroto mengatakan, sosialisasi yang dilakukan tersebut merupakan langkah yang diambil dalam pencegahan karhutla, sehingga diharapkan akan mampu memberikan pemahaman dan kesadaran hukum, agar masyarakat tidak melakukan pembakaran hutan dan lahan secara sembarangan.

Selain larangan, anggota Polsek Basarang juga mensosialisasikan mengenai ancaman pidana bagi siapapun yang dengan sengaja membakar hutan dan lahan.

“Hal tersebut tertuang dalam KUHP Pasal 187 dan 188, serta Undang-Undang (UU) Nomor 41 tahun 1999 tentang Kehutanan pasal 78, dengan ancaman hukuman pidana paling lama 15 tahun penjara dan denda Rp 5 miliar” terang Kapolsek.

”Dengan sosialisasi yang kami lakukan, besar harapan kami masyarakat akan semakin sadar, paham dan mengerti resiko dari karhutla,” tuturnya.

”Kami ingin masyarakat di Kec. Basarang ini jangan sampai melakukan kegiatan pembukaan lahan dengan cara membakar. Apabila terjadi kebakaran hutan dan lahan, segera melapor sehingga bisa cepat ditangani,” pungkas Suroto.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *