Antisipasi pelanggaran Pilkada, Bawaslu Barut rakor dengan stakeholder

Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Barito Utara menggelar rapat koordinasi  dengan stakeholder atau pemangku kepentingan dalam rangka menyukseskan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah 2020. 

Kegiatan rakor tersebut dihadiri Wakil Bupati Barito Utara Sugianto Panala Putra didampingi unsur FKPD, Ketua Bawaslu Barito Utara H Alamsyah, kepala perangkat daerah dan undangan terkait lainya di Muara Teweh, Senin.

Bupati Barito Utara H Nadalsyah dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Wakil Bupati Sugianto Panala Putra mengatakan pemilihan kepala daerah adalah sarana pelaksanaan kedaulatan rakyat sehingga di era keterbukaan seperti yang kita hadapi saat ini. 

“Masyarakat serta segenap pemangku kepentingan telah semakin kritis dan semakin memahami keberadaan pilkada sebagai wahana untuk mengubah harapan menjadi kehidupan berdemokrasi yang lebih baik,” katanya. 

Menurut dia, tugas dan wewenang Bawaslu dalam garis besarnya adalah memantau dan mengawasi penyelenggaraan pilkada yang dilaksanakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) secara berkesinambungan disemua tahapan. 

“Saya berharap forum ini dapat menghasilkan rekomendasi yang bermanfaat bagi seluruh pemangku kepentingan dalam proses peyelenggaraan pemilihan gubernur dan wakil Gubernur Kalteng pada Desember 2020, berjalan lancar, tertib dan damai,” ucap Wabup Sugianto panala Putra membacakan sambutan Bupati.

Wabup menjelaskan Pilkada di masa pandemi COVID-19, pelaksanaannya tentu tidak mudah, karena itu setiap masalah harus segera diantisipasi sedini mungkin agar tidak terjadi pelanggaran yang akhirnya menimbulkan kerawanan politik dan keamanan serta mengganggu ketertiban masyarakat.

Ketua Bawaslu H Alamsyah menyampaikan kegiatan ini dilaksanakan agar bisa mencegah atau mengantisipasi hal yang bisa memicu nantinya, pelanggaran dalam pelaksanaan pilkada yang tentunya harus melakukan langkah koordinasi dengan semua pemangku kepentingan.

“Kegiatan ini dilaksanakan agar terselenggaranya pilkada yang aman, damai dan berkualitas serta terpilihnya pemimpin yang berintegritas dalam pemilihan gubernur dan wakil gubernur Kalteng 2020,” kata  Alamsyah.

Dalam kegiatan rakor tersebut menghadirkan narasumber Kepala Badan Kesatuan bangsa dan Politik Barito Utara, Plt Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM)  Barito Utara, Polres Barito Utara, Satpol PP dan Damkar.
Pewarta : Kasriadi
Uploader : Admin 1
COPYRIGHT © ANTARA 2020

sumber : https://kalteng.antaranews.com/berita/441240/antisipasi-pelanggaran-pilkada-bawaslu-barut–rakor-dengan-stakeholder

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *